Efek Teh

Benarkah Pemberian Teh pada Anak Bisa Hambat Penyerapan Zat Besi?

Bingkaiberita.com- Sebuah unggahan viral di dunia maya yang berupa edukasi wajib diperuntukkan bagi orang tua dalam pengasuhannya kepada anda untuk tidak memberikan minuman teh pada balita. Dalam unggahan tersebut sudah diresepkan foto resep dokter untuk teh tidak boleh diberikan kepada anak karena dapat menghambat penyerapan zat besi.

Apalagi banyak sekali orang tua yang memberikan anak minuman teh sebagai pengganti susu, terlebih banyak anak yang stunting karena kurangnya vitamin ataupun beberapa hal yang masuk pada anak. Apalagi Zat besi memiliki berbagai manfaat termasuk kecerdasan, perkembangan otak, kosentrasi pengingkatan imunitas, kemampuan motorik hingga dapat mencegah stunting pada anak sehingga perlu adanya zat besi yang ada pada anak.

Raissa E Djuanda, MGizi, SpGK, AIFO-K, FINEM sebagai seorang spesialis dibidang gizi juga membenarkan bahwa pemberian teh kepada anak dapat menganggu tumbuh kembangnya dan memiliki resiko yang besar tentunya dalam anemia, karena teh ini mengandung senyawa yang bernama tanin sehingga penyerapan zat besi yang ada akan menjadi berkurang saat anak mengkonsumsi tanin atau teh.

Sementara itu, orang tua juga masih bisa memberikan minuman teh ke anak selama orang tua tersebut memberikan makanan dengan kandungan zat besi berlebih. Dan jika orang tua mau memberikan teh usahakan tidak memberinya dengan kandungan teh yang terlalu pekat karena memang banyak taninnya. Dan usahakan untuk memberi sedikit teh yang berwarna terang seperti green tee yang tidak terlalu pekat.

Baik dewasa maupun anak yang memang sering minum teh maka akan menyebabkan pola gizi memburuk dan memiliki resiko dalam penyerapan zat besi terutama sering Anemia.

Dan mulai sekarang, orang tua dan anak untuk tidak setiap hari mengkonsumsi minuman teh karena bisa menyebabkan anemia. Dan Anda bisa gantikan minuman teh dengan air putih ataupun minuman yang menyehatkan lainnya seperti juz alpukat, juz lemon ataupun minuman lain yang memiliki kandungan gizi yang baik untuk si kecil

Sehingga benar adanya, seperti keterangan dokter spesialis diatas, bahwasanya pemberian minuman teh pada anak bisa menghambat penyerapan zat besi.

Topik Nugroho, M.Pd.

Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby in wordpress or blogger platform, I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.