Cepat Mana, Antara Jalan VS Lari Dalam Menurunkan Berat Badan?

Bingkaiberita.com – Banyak sekali bersliweran konten yang menegaskan seseorang untuk berjalan seribu langkah setiap hari, selain dapat memperpanjang usia, berjalan disinyalir dapat menurunkan berat badan.

Memiliki badan ideal memang menjadi impian banyak orang sehingga ketika kita datang ke suatu pesta atau bersama teman karena kurang pedenya kita harus berlomba-lomba untuk menurunkan berat badan

Banyak memperdebatkan olahraga ringan lari atau jalan cepat menjadi salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Bagaimana dengan fakta ilmiah dan penelitian dari para ahli mana yang lebih cepat menurunkan berat badan. Lari ataukah berjalan cepat?

Jalan VS Lari Dalam Menurunkan Berat Badan Lebih efektif yang mana?

Nah, pertanyaan ini mungkin banyak yang gagal fokus, banyak orang berlomba-lomba untuk berolahraga mulai dari lari bersepeda dan mungkin hanya jalan saja.

Menurut sebuah jurnal Medicine and Science in Sports and Exercise bahwa berlari mampu menurunkan berat badan yang lebih cepat dibandingkan dengan berjalan cepat.

Studi penelitiannya dilakukan selama 6,2 tahun yang melibatkan 15 ribu pejalan kaki dengan 32 ribu pelari yang menyimpulkan bahwa berlari memiliki efektifitas yang lebih ketimbang berjalan, meskipun dua duanya memiliki kesamaan dan lari mampu mengeluarkan lebih banyak kalori dibandingkan dengan jalan cepat dalam waktu yang sama, Dan inilah mengapa berlari menjadi lebih efektif dalam menurunkan berat badan dan dalam mengurangi lingkar pinggang

Cepat Mana, Antara Jalan VS Lari Dalam Menurunkan Berat Badan?

Namun, anda perlu memperhatikan kondisi fisik sebelum berlari, jangan jangan nanti persendian anda akan sakit jika dipaksakan untuk aktivitas ini, karena lari akan menekankan pada efek untuk jantung dan persendian ketimbang dengan jalan cepat.

Dan bisa jadi lari ini tidak dapat dilakukan untuk semua orang, apalagi dalam waktu yang lebih panjang

Berbeda dengan berjalan cepat akan lebih cocok dilakukan semua orang.

Dan dasar dari semua itu adalah olahraga yang konsisten jangan sampai melakukan intensitas olahraga sesekali waktu, akan lebih baik melakukannya rutin setiap hari dan setiap pagi.

Apalagi berjalan kaki adalah olahraga yang dapat dilakukan dan ditolerir oleh banyak orang.

Topik Nugroho, M.Pd.

Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby in wordpress or blogger platform, I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.