INfo GTK

Informasi Seputar Info GTK

GTK merupakan kependekan dari Guru dan Tenaga Kependidikan. Info GTK merupakan laman website yang berisi informasi tentang data guru dan tenaga kependidikan untuk mengetahui validitas data sesuai dengan yang diinputkan melalui aplikasi Dapodik sekolah.

 

Info GTK diperlukan oleh guru dan tenaga kependidikan untuk memantau data yang telah diinput oleh operator sekolah melalui aplikasi dapodik. Apabila ada kesalahan atau data yang tidak sesuai, maka GTK yang bersangkutan dapat meminta kepada operator sekolah untuk memperbaiki datanya. Selain itu, dengan membuka info GTK guru dapat melihat perkembangan penerimaan tunjangan. Salah satunya adalah penerbitan surat keputusan tunjangan profesi (SKTP). Biasanya akan muncul notifikasi validitas data terkait tunjangan profesi guru. Dalam info GTK juga terdapat informasi tentang kebijakan guru seperti sertifikasi, PAK, penyetaraan guru bukan PNS, dan sebagainya.

 

Info GTK biasanya banyak diakses pada awal semester baru, untuk mengetahui data terbaru pada awal semester. Namun, info GTK baru dapat diakses jika server GTK sudah menarik data dari dapodik. Data yang ditampilkan sesuai dengan data terbaru yang diisikan oleh operator sekolah yang telah disinkronisasi melalui dapodik. Data yang ditampilkan dalam info GTK berlaku dalam satu semester atau 6 bulan dan sesuai dengan data dapodik.

 

Untuk mengakses info GTK, guru dan tenaga kependidikan dapat membuka laman http://info.gtk.kemdikbud.go.id/ . Kemudian masuk menggunakan akun dapodik, yaitu email dan password sesuai dengan yang telah diverifikasikan melalui dapodik.

 

Pada info GTK ditampilkan data yang disajikan dalam 3 kolom. Kolom pertama menunjukkan uraian data- data apa saja yang disajikan. Kolom kedua menunjukkan isian data yang bersesuaian dengan kolom pertama. Kolom ketiga berisi keterangan mengenai data yang ditampilkan sesuai kolom sebelumnya.

 

Ketika guru dan tenaga kependidikan sudah membuka info GTK, perhatikan data yang ditampilkan dengan baik dan teliti. Jika ditemukan adanya kekurangan data atau bahkan kesalahan data yang ditampilkan, gtk yang bersangkutan harus segera menghubungi operator sekolah untuk memperbaiki data tersebut selama periode semester belum berakhir. Jika operator sekolah telah memperbaiki data dan melakukan sinkronisasi dapodik, data pada info GTK akan berubah sesuai dengan perbaikan yang dilakukan minimal dalam 7 hari kerja. GTK yang bersangkutan dapat memeriksa Kembali info GTK setelah 7 hari kerja terlalui.

 

Setiap guru dan tenaga kependidikan dapat mengakses info GTK. Tentunya dengan login menggunakan akun yang didaftarkan pada dapodik. Untuk itu, bagi GTK yang ingin mengakses info GTK perlu menghubungi operator sekolah untuk menanyakan akun dan password yang telah diverifikasikan melalui dapodik.

 

Dalam info GTK terdapat data mengenai sekolah induk. Guru perlu memastikan bahwa ada tanda centang pada bagian data sekolah induk. Meskipun mengajar pada dua atau lebih sekolah, pastikan satu sekolah yang diberi tanda centang sebagai sekolah induk.

Hal terpenting bagi guru yang telah bersertifikasi adalah memastikan data pada info GTK telah valid. Dilihat dari bagian atas info GTK yang bertuliskan notifikasi valid/ belum valid. Kemudian scroll ke bagian bawah pada bagian tunjangan sertifikasi. Pastikan data pada tunjangan sertifikasi telah tercentang hijau semua. Apabila belum valid akan ada minimal sati data yang masih bertanda silang merah, perhatikan pada kolom keterangan mengenai penyebab ketidakvalidan tersebut dan hubungi operator sekolah untuk memperbaiki data sebelum semester berakhir. Validitas tunjangan profesi akan berpengaruh pada terbitnya Surat Keputusan Tunjangan Profesi (SKTP).

 

Topik Nugroho, M.Pd.

Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby in wordpress or blogger platform, I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.