Ternyata Roti Tawar Termasuk 7 Menu Sarapan yang tidak sehat, Selain itu Apa?

Bingkaiberita.com -Salah satu menu sarapan modern yang sering ditayangkan di televisi saat pagi hari adalah roti tawar dengan selai, mentega atau margarin dan ternyata makanan tersebut tidak baik untuk dikonsumsi sebagai sarapan pagi.

Apalagi sarapan menjadi salah satu hal wajib yang harus dilakukan sebelum melakukan aktivitas pagi seperti berangkat ke sekolah, ke kantor dan aktivitas lainnya yang harus membutuhkan sumber energi bagi otak yang nantinya digunakan sebagai salah satu cara otak untuk meningkatkan konsentrasi dan fungsi kognitif. Dan sayangnya semua menu sarapan yang selama ini kita anggap sehat masuk dalam kategori menu yang dianggap tidak sehat.

Nah, menu sarapan apa saja sih yang paling tidak sehat untuk kita makan diwaktu pagi tersebut?

1. Roti Tawar Putih dan Mentega

Ternyata selain menawarkan karbohidrat pada menu roti tawar putih disandingkan dengan mentega dan selain, makanan ini dapat meningkatkan kadar gula darah dan kandungan menteganya juga mengandung lemak trans yang dikaitkan dengan penyakit jantung. Seorang ahli diet yang berasal dari Ameria serikat mengatakan bahwa sarapan dengan menu roti tawar ini tidak mengandung serat, protein dan nutrisi penting lainnya yang tidak baik untuk memulai aktivitas di waktu pagi.

2. Oeatmeal Instan

Oatmel adalah menu sarapan sehat yang bergizi karena sumbernya dari biji-bijian sehingga cocok digunakan untuk santapan menu di pagi hari. Namun, bagaimana dengan oatmeal instan yang mengandung gula tambahan yang cukup tinggi sehingga makanan tersebut meningkatkan kadar gula darah dan juga menyebabkan penurunan energi.

3. Jus

Selain itu jus juga dianggap menjadi menu sehat untuk mengawali hari. Jus menjadi pilihan sehat jika tidak mengandung banyak gula. Bagaimana dengan jus yang ada dalam kemasan, dan ternyata jus yang rendah serat tersebut juga memiliki potensi yang menyebabkan lonjakan gula darah. Satu gelas jus jeruk yang ditambah banyak gula apalagi dalam kemasan tanpa ada serat yang bermanfaat maka sama dengan mengkonsumsi beberapa bua jeruk dan menjadikan jus tersebut kurang baik dan mengenyangkan untuk dikonsumsi.

4. Daging Olahan

Bagaimana dengan daging olahan seperti sosis, bacon dan jenis lainnya. Ternuata juga tidak baik untuk tubut dan kandungan zat aditif seperti nitrit tersebut dapat menyebabkan resiko kanker perut karena banyak mengandung garam dan meningkatkan tekanan darah. Sementara itu anda bisa membuat sosis sederhana dengan menggunakan daging yang telah digiling halus dan dibumbui sehingga tidak ada zat aditif lain yang memang ada di daging olahan atau daging kemasan.

5. Sereal

Menu sarapan sereal memang cocok untuk sarapan karena diperkaya dengan vitamin, namun nayatanya produk tersebut tidak baik dikonsumsi secara terus menerus karena adanya kandungan yang tinggi gula yang menyebabkan lonjakan gula darah dalam waktu cepat

6. Donat

Roti yang satu ini cukup dinikmati oleh banyak orang karena sarapan yang lebih cepat. Namun, bukan pilihan terbaik untuk memulai aktifitas dengan roti donat ini karena di dalamnya banyak mengandung gula, lemak, rendag protein serat dan kalori. Meskipun memang donat ini tidak akan membuat perut kenyang namun tetap saja banyak orang yang menggunakan donat sebagai menu sarapan di pagi hari

7. Kopi Bahan campuran

Sering sekali kita temukan bapak-bapak atau ibu ibu yang sering minum kopi, namun nyatanya kopi instan yang telah tercampur dengan bahan lain seperti caramel, mocha, dan minuman manis yang penuh gula yang mana mengandung 70 gram gula, dan menuman ini dapat meningkatka gula darah secara cepat dan menyebabkan tubuh merasa lapar karena mengeluarkan banyak kadar insulin

Itulah beberapa menu sarapan yang tidak sehat yang sering kita santap setiap hari dan kita perlu mengganti menu sarapan tersebut dengan menu lainnya yang dianggap sehat dengan membuat menu sarapan manual setiap harinya.

Topik Nugroho, M.Pd.

Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby in wordpress or blogger platform, I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.