Pendaftaran Polisi 2024-2025

Bingkaiberita.com – Penerimaan.polri.go.id merupakan salah satu portal pendaftaran polisi yang akan dibuka sesuai dengan jadwal pendaftaran polri pada pendaftaran bintara polri, tamtama, akpol dan sipss. Dan portal tersebut akan memberikan beberapa informasi resmi, karena kami akan mengacu pada portal resmi yang ada pada website tersebut.

 

Nah, kali ini kami akan sedikit mengulas terkait dengan pendaftaran polisi yang notabene merupakan salah satu hal yang wajib anda ketahui ketika memiliki cita-cita menjadi seorang anggota kepolisian republik Indonesia.

Ada beberapa jenis keanggotaan atau jalur masuk polri, antara lain seperti yang telah kami sebutkan diatas bahwa untuk melakukan pendaftaran seorang harus mengetahui jalur masuk apa yang mereka pilih, Dan semuanya dipersyaratkan adalah lulusan dari Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk masuk selain dari Jalur Sumber Sarjana atau SIPSS.

1. Pendaftaran Polisi Sumber Sarjana

Pertama kali pelaksanaan pendaftaran polri adalah pendaftaran polisi sumber sarajana yang persyaratan masuknyapun esuai dengan program studi ataupun jurusan yang dibutuhkan oleh polri. Dan yang paling sering dibutuhkan adalah jurusan kedokteran baik itu dari program sarjana maupun pascasarajaana. Dan persyaratannyapun dibagi dalam 3 persyaratan yaitu umum, khusus dan tambahan.

Persyaratan Umum pendaftaran sipss polisi polri sumber sarjana adalah seorang pelamar merupakan warga negara Indonesia yang bertakwa dan memiliki keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha esa. Memiliki Kesetiaan terhadap bangsa dan negara, bersedia menjalani ikatan dinas selama 10 tahun

Persyaratan Khusus pendaftaran polri sumber sarjana yang sering diinformasikan bahwa pendaftaran ini khusus untuk lulusan sarjana maupun pascasarjana dengan krtieria tinggi badan minimal pria 160 dan wanita 155 sedangkan nilai IPK minimal yaitu 2,7

Persyaratan tambahan lainnya adalah pada kebutuhan jurusan yang telah ditetapkan sesuai dengan jurusan, adapun beberapa hal terkait dengan tambahan persyaratan adalah sebagai berikut:

endidikan Sarjana Muda Strata Satu (S1) untuk Jurusan Desain Grafis.
Pendidikan Sarjana Muda Strata Satu (S1) untuk Jurusan teknik penerbangan.
Pendidikan Sarjana Muda Strata Satu (S1) untuk Jurusan Teknik Sipil
Pendidikan Sarjana Muda Strata Satu (S1) untuk Jurusan Teknik Pengiriman.
Pendidikan Sarjana Muda Strata Satu (S1) untuk Jurusan Teknik metalurgi
Pendidikan Sarjana Muda Strata Satu (S1) untuk Jurusan Teknik International
Pendidikan Sarjana Muda Strata Satu (S1) untuk Jurusan Teknik Kimia
Pendidikan Sarjana Muda Strata Satu (S1) untuk Jurusan Teknik Nuklir.
Pendidikan Sarjana Muda Strata Satu (S1) untuk Jurusan Teknik Informatika / Sistem Informasi / Ilmu Komputer / Sistem Komputer.
Pendidikan Sarjana Muda Strata Satu (S1) untuk Jurusan Teknik Elektro
Pendidikan Sarjana Muda Strata Satu (S1) untuk Jurusan Ilmu Komunikasi
Pendidikan Sarjana Muda Strata Satu (S1) untuk Jurusan Ilmu Pemerintahan
Pendidikan Sarjana Muda Strata Satu (S1) untuk Jurusan Kimia (MIPA)
Pendidikan Sarjana Muda Strata Satu (S1) untuk Jurusan Ilmu S1 Olahraga
Pendidikan Sarjana Muda Strata Satu (S1)/ Diploma 4 untuk Jurusan Nautical Ahli Tingkat III
Pendidikan Sarjana Muda Strata Satu (S1) untuk Jurusan Biologi (MIPA)
Pendidikan Sarjana Muda Strata Satu (S1) untukJurusan Kateketik
Pendidikan Sarjana Muda Strata Satu (S1) untuk Jurusan Sastra Cina
Pendidikan Sarjana Muda Strata Satu (S1) untuk Jurusan Sandi
Pendidikan Sarjana Muda Strata Satu (S1) untuk Jurusan Sastra Arab
Pendidikan Sarjana Muda Strata Satu (S1) untuk Jurusan Agama
Pendidikan Magister S2 PROFESI KEDOKTERAN FORENSIK.
Pendidikan Magister S2 PROFESI PSIKOLOGI
Pendidikan Magister S2 Jurusan Tafsir Agama

2. Pendaftaran Polisi Bintara Polri atau Brigadir Polri

Bagi masyarakat yang bercita-cita masuk ke bintara polri sebaiknya untuk mengetahui berbagai persyaratan masuk dalam pendaftaran bintara polri, karena nantinya berkas tersebut akan dipergunakan untuk dikumpulkan sekaligus pada tahap awal mereka akan unggah dokument dalam bentuk scanan.

Syarat Masuk Bintara Polri inipun dibagi menjadi dua yaitu persyaratan umum dan khusus untuk itu anda bisa persyaratan sebagaimana berikut ini

Persyaratan Umum Bintara Polri

Biasanya mereka yang akan melamar bintara polri harus memenuhi persyaratannya sebagaimana mereka adalah warga negara Indonesia yang memiliki Keyakinan terhadap ruhan yang maha esa, Tidak melakukan tindak kejahatan baik itu pengguna narkotika atau semacamnya karena mereka akan dimintai pertanggung jawaban dokument kesehatan dari Rumah sakit umum daerah. Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Indonesia

Persyaratan Khusus Bintara Polri ini, berkaitan dengan nilai ijazah, tinggi badan masuk polri, kesehatan gigi polisi maupun polwan, usia masuk polisi, lulusan asal sekolah, syarat fisik polisi, dan masih banyak lagi syaratnya

Persyaratan lainnnya atau tambahan pada pendaftaran bintara polri ini, penerimaan polri membuka pendaftaran bintara polri untuk beberapa jenis seleksi yang memang persyaratan lengkap masuk bintara antara satu seleksi dengan seleksi yang lainnya tidak sama, adapun beberapa jenis seleksi bintara adalah sebagaimana berikut, Bintara Brimob Polri, Bintara Teknologi Informasi, Bintara Penerbangan, Bintara Polair, Bintara Musik, Bintara Kimia, Bintara Dakwah Islam, Bintara Perawat, Bintara tata boga,

Apakah Ada biaya Masuk Polisi Bintara?

Tidak ada biaya masuk polisi untuk bintara, nah bagi anda yang disuruh panitia untuk membyara sejumlah uang itu merupakan penipuan karena panitia sudah dibayar oleh negara. Dan biaya semua tes sudah ditanggung oleh pemerintah

3. Pendaftaran Polisi Tamtama Polri

Untuk tamtama sendiri berbeda dengan golongan polisi bintara, mereka yang daftar di pendaftaran tamtama polri bisa di daftar dari Lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan juga di daftar lulusan (SMA) sederajad.

Tamtama merupakan pangkat golongan rendah di kepolisian sehingga lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) pun dapat masuk pada golongan tamtama ini. Untuk persyaratan umum, khususpun hampir sama dengan binatara polri, hanya saja pada tamtama polri ini memang memiliki kesempatan yang luas bagi kamu yang ingin melakukan pendaftarannya.

4. Pendaftaran Polisi Akpol Polri

Nah, berbeda dengan ketiga jalur masuk polisi diatas. Pendaftaran Akpol ini adalah pendaftaran ang dikhususkan bagi calon Mahasiswa Taruna yang secara khusus didik selama 4 tahun di Lemabaga Pendidikan Akpol Semarang. Lulusannya akan berpangkat perwira pertama, dan lebih tinggi dari kepangkatan Binatara Polisi atau berpangkat satu tingkat lebih tinggi, mereka akan berkarir sampai ke perwira tinggi atau sering disebut dengan jenderal.

Nah, bagi anda yang ingin berkarier di kepolisian republik Indonesia akan lebih baik masuk di perguruan tinggi kedinasan akpol. Apakah ada biaya masuk dan kuliah seperti perguruan tinggi lainnya.

Biaya Masuk Akpol?

untuk biaya masuk akpol, semester dan lainnya pemerintah sudah menanggung karena Akademi Kepolisian merupakan salah satu perguruan tinggi yang telah berikatan dinas karena lulusannya langsung bekerja di lembaga kepolisian republik Indonesia.

Nah, bagi kawan-kawan lulusan SMA sederajad dapat mengetahuikan informasi yang benarbenar anda butuhkan, mau masuk jalur mana! Jika anda hendak berkarier dan bercita-cita menjadi Jenderal akan lebih baik anda masuk di Akademi kepolisian ya…

Pendaftaran Polisi 2024-2025 | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5